MEMPERCEPAT KINERJA SKETCHUP SAAT MODELLING

Adalah mungkin benar bahwa para Pengguna SketchUp umunya mengatakan “ Kami ingin SU menjadi cepat”. Tanpa perduli Level atau bentuk modelnya, selalu ada cara supaya SketchUpbisa  lebih baik.

Dalam keadaan terburu2 (kejar Tayang), TIPS 2 berikut ini bisa dicoba :

  • Tetaplah menggunakan simple style, sebisa mungkin, minimalkan penggunaan shadow, texture, dan special display effects saat Modelling. ( SU telah punya setting default style yang bisa membantu anda menampilkan setting ini dengan cepat dan mudah ).
  • Component menjadi teman anda, Jika menggunakan model beberapa kali ( contohnya, jendela atau pohon), jadikan Component dulu kemudian gunakan copy, banyak copy Component lebih ringan daripada banyak copy sebuah model (entity) ataupun group.
  • Gunakan Layer untuk mengontrol tampilan. Lebih banyak tampilan geometri, makin memperlambat SketchUp . Anda bisa sembunyikan geometry saat tidak menggunakan atau tempatkan pada Layer lalu kemudian sembunyikan.
  • Jika meng import images ke model anda, lebih baik gunakan format JPEG dibanding TIFF.

Karena format TIFFcenderung mempunyai resolusi lebih besar sehingga bisa memperlambat kinerja SketchUp anda.

 

 SETTING KOMPUTER

Computer yang lebih baru, dgn processor yg lebih cepat, bisa mempercepat kinerja SU. Mempunyai cukup memori RAM sangat membantu. Yakinkan untuk melihat kembali persyaratan minimum hardware dan software yang disarankan SketchUp.

Saat menggunakan SketchUp , matikan aplikasi lain yang tidak dibutuhkan. Check kembali versi driver VGA anda. Jika sudah mempunyai VGA yang sesuai, pastikanpenggunaan hardware akselarasi  :

klik  Window > Preferences.

Pada kolom sebelah kiri, click OpenGL.

Sebelah kanan, tekan  Use hardware acceleration.

 

SETTING SKETCHUP

Check kembali untuk data yang tak digunakan. Setiap kali anda menggunakan texture atau component, data ini tersimpan di file SketchUp. Berdasarkan info ini, anda bisa menggunakan Purge Unused untuk mengurangi kapasitas file :

klik Window > Model Info. The Model Info dialog box  akan terbuka.

Klik  Statistics > Purge Unused.

Note  :  Jangan gunakan Tips dan Trick ini pada selain Program SketchUp, kalau anda tidak ingin menjadi bingung  karenanyaJ…wkwkwkwk…

. Semoga bermanfaat…………………………….Salaam

%d bloggers like this: